Perjalanan Penuh Pertolongan – Part 1

12 Februari 2015

Akhirnya, yang direncanakan berbulan-bulan ngga lagi sekedar wacana. Perjalanan kali ini sedikit ribet, karena dari start point di Jakarta mesti mampir ke Jogja dulu. Note pertama, kalo kalian pengen jalan bareng, berdua atau rame-rame, no manja buat minta jemput dimana tanah yang kalian pijak jauh terpisah. Sangat disarankan meeting point langsung di kota yang dituju, atau paling ngga disatu tempat yang memang sama-sama kalian singgahi untuk menuju destinasi utama. Tapi untuk kali ini luluh karena ini sama sahabat sendiri dan juga kota nya yang candu banget walaupun cuma mampir semalem doang ya diiyain aja buat jemput.

Naik Kereta Bengawan dengan tiket seharga 100.000 berangkat dari Stasiun Pasar Senen jam 11.55, nyampe Stasiun Lempuyangan jam 20.45. Langsung ke Malioboro, ngangkring dulu. Kali ini di Angkringan Gareng Petruk. Ada enak ga enak nya disini. Enaknya, lumayan bersih sama pilihan nya banyak. Ngga enak nya?? Mahal buat yang judulnya angkringan dan ini di Jogja bung.. Modelnya prasmanan, ada banyak pilihan menu nasi kucing. Dan dari yang banyak itu ngga 1 pun saya ambil. Lebih naksir ke lauk-lauk nya yang tersebar. Awalnya udah menggebu pengen ambil banyak, tapi langsung nge-rem pas ada bisikan ghaib, “awas mahal..” glek! Pupus sudah angan-angan untuk makan kalap. Akhirnya cuma ambil 2 ceker, 1 sate jeroan, sama 1 lagi, tapi lupa apa :))) plus segelas susu jahe. Total 17.000. Ini kalo diitung-itung harga angkringan normal ngga sampe 10.000 atau maksimal deh 10.000 itu.

Pulang ngangkring langsung ke persewaan tenda. Sewa terhitung dari tanggal 13 sampe 22 februari, tapi sama mas nya diitung cuma 6 hari. 1 tenda kapasitas 2 orang, 1 matras dan 1 flysheet total 150.000 dikasi bonus pinjem headlamp. Muyah kann… <<< pertolongan pertama

Rencananya kita selama di Bali bakal cari penginepan murah seharga maksimal Rp 100.000. Baru nanti pas di lombok kita banyak nenda.

13 Februari 2015

Hari besoknya, jam 08.00 WIB udah di Bandara Adi Sucipto. Naik AirAsia harga promo Jogja-Denpasar 370.000. Take off harusnya jam 8.35. Pengumuman delay jadi jam 09.00. Proses antri masuk pesawat sampe sekitar jam 9.30an. Giliran penumpang uda masuk semua, ganti pesawatnya yang antri buat terbang. Nunggu di dalem pesawat sekitar sejam. Intinya baru take off jam 10.30an, yang artinya itu mestinya uda sampe Denpasar. Untung aja buat penghiburnya selama penerbangan sejam semua nya mulus. Mesin alus. Cuaca baguss. Sampe dengan selamat di Bandara Ngurah Rai jam 13.35 WITA.

Selama menyusuri jalur exit menuju ke lobby, jujur aja kita bingung. Mau naik apaa ini dengan setipis-tipisnya dompet dan rekening kaya gini. Taksi? Jelas ngga ada di kamus kita. Tapi ya kita woles aja yang penting keluar bandara dulu. Sebelom nyampe lobby uda keliatan para penjemput yang dengan semangatnya angkat-angkat papan nama. Dengan polos nya kita ngarep ada di antara mereka yang nulis nama kita di papannya :))) But hey wait, pas nyampe di lobby ternyata bener!! Meskipun ya engga dengan bawa papan nama jugaa, tapi itu jemputan kitaa! Horree :)) <<< pertolongan kedua

Sahabat aku ini emang udah ngontek kerabatnya di Denpasar kalo kita mau mampir ke Bali dulu sebelum ke Lombok. Tapi kita ga tau kalo bakal dijemput. Dia ngontek sebenernya ngarep biar dapet tumpangan gitu di rumahnya 😀 Tapi sayang nian, ternyata kita ga dapet tumpangan, hiks. Di tengah kebingungan yang amat sangat mendera itu, tiba-tiba mobil berhenti di depan sebuah penginapan. What?? NO!! Kita ga punya duit Bli!! Oh please mending kita ngémpér daripada tidur enak ga bisa bayar. Dengan langkah kaya orang ngga makan 2 hari 2 malem kita keluar dari mobil dan duduk di kursi depan receptionist menanti kabar buruk. Kita bener-bener ga siap dengan tagihannya. Ditambah ada tamu lain yang datang lebih dulu dari kita sebut biaya kamar mereka 220.000.. oh no stop it!

Saat kita sudah diambang kesadaran, tetiba telinga kita menajam dan mendengar suara perlahan, “ini biar mereka masuk dulu, nanti tagihannya sama saya aja” Dear God, you know us so well :))) Masuklah kita ke kamar dengan langkah ringan riang berasa jalan di awan <<< pertolongan ketiga

Judul penginapannya “RABASTA TAXA INN”. Lokasi nya di Jl Raya Kuta No.77. Deket banget sama Central Park atau orang Bali biasa bilang Central Parkir.

Si Bli pulang, kami masih terpesona dengan apa yang ada di depan mata. Dibayangan kami bakal nginep dengan sungkan-sungkan di rumah orang tua Bli, atau apes nya bakal cari penginapan di gang-gang kelinci, ternyata eh ternyata bisa tidur nyenyak di kamar ber-AC, nonton TV sepuasnya, berenang semaunya.

Puas leyeh-leyeh, badan udah adem, tapi tetiba ada yang merasa iri dan akhirnya meronta. Perut. Laper. Ok, cuss kami cari warung halal. Notes kedua, jangan pernah makan di tempat makan yang penjualnya tau kita keluar dari hotel. Apalagi di tempat yang ngga pasti harga nya. Misal semacam di warteg atau warung nasi rames, yang harga nya tergantung mood penjualnya. Kalo niat makan di tempat seperti itu, cari yang rada berjarak dengan hotel. Notes ketiga, sebelum pesen, tanya dulu harga nya, daripada nanti pulang makan malah ngedumel karena ngerasa dikerjain. Nanti sama-sama ga berkah 😛

Setelah sedikit jalan, kami nemu plang kecil nunjukin warung makan di dalem gang. Ada kata “murah meriah” disitu. Dan terang saja sebagai kaum fakir kami tergoda 😀

Pas nyampe di warung, langsung tanya harga untuk nasi, sayur dan tahu. Beliau menjawab dengan penuh pengertian, 7.000. Owrait, kita makan disini!

Pulang makan, kenyang, mandi, siap-siap buat hilang duit. Shopping! Ahhh apa-apaan ini, baru hari pertama woyy. Ini belanja buat paling ga sedikit kirim oleh-oleh buat yang ditinggal cutai. Kalo ngga hari itu belinya, ngga akan kebeli soalnya. #bodoamat,malahcurhat.

Agenda sore itu kita ke Joger dan Krisna. Setelah sewa motor seharga 60.000 per 24 jam, kita langsung cuss pergi. Notes keempat, kalo kalian nginep di penginapan dan pengen sewa motor, tinggal minta tolong sama receptionist nya buat hubungin persewaan. Soal harga sama ko, ngga dimahalin.

Notes kelima, kalo kalian berniat belanja di kedua tempat tadi untuk barang-barang tertentu yang bukan produk buatan Joger, saya saranin liat dulu di Krisna. Karena ngga semua barang Joger itu produknya sendiri. Untuk contoh nih yaa..kain pantai yang sama persis barangnya, di Joger harga 71.000 di Krisna 65.000. Lumanyun kan biar 6.000 doang juga, masih bisa dapet roti Taiwan yang tersebar di seluruh Bali. Lagian kedua tempat favorit pelancong cari oleh-oleh ini lokasi nya deketan. Jadi gampang kalo mau bolak-balik.

Malam telah tiba. Perut cari perhatian lagi. Oke, kita uda berencana nyari Ayam Betutu Rama. Let’s go! Kita ngikutin arah-arahan Bli siang tadi. Tapi oh tapi ingatan kita pada payah malem itu. Yang akhirnya membuat kita malah cuma muter-muter sampe pantai kuta juga legian, ga keluar-keluar dari sana ada barang sejam sampe keabisan bensin. Dan ini bener-bener abis, ditengah café-café legian pula. Motor mo dirayu sama kupu-kupu café kaya apa juga ga akan mau jalan. Untung aja ada bapak-bapak yang mau beliin bensin eceran. Ya walau harganya dinaikin 2000 perak sama bapaknya, ga apa deh daripada adek ga bisa pulan bang <<<pertolongan keempat

Setelah putus asa sampe hampir jam 9 ga nemu juga, andekan nemu juga uda pasti tutup, akhirnya kita balik ke hotel dan cari makan di deket hotel. Pilihan kita jatuh ke lalapan lele goreng. Cukup 10.000, masih masuk budget. *to be continued*